Senin, 22 Februari 2010

TEPUNG KERABANG TELUR DAN TEPUNG TULANG AYAM

PENDAHULUAN
Latar Belakang
Tepung kerabang telur dan tepung tulang ayam merupakan salah satu cara dalam pemanfaatan hasil ikutan ternak. Tepung kerabang telur dan tepung tulang ayam merupakan sumber kalsium dan fosfat yang dapat dimanfaatkan untuk fortifikasi bahan pakan atau pangan.

Tujuan
Praktikum ini bertujuan untuk mendapatkan informasi tentang teknik pengolahan tepung kerabang telur dan tepung tulang ayam dan sifat organoleptiknya (warna dan tekstur)

METODE

Materi
Alat : alat penggiling tepung, oven
Bahan : kerabang telur, tulang ayam

Prosedur
Tepung Kerabang Telur


Tepung Tulang Ayam


Analisa :
1. Hitung Rendemen :
Rumus : Rendemen = (V2/V1) – 100%

2. Uji Organoleptik (Uji Mutu Hedonik dan Uji Pembedaan – Uji Pasangan)
Respon pembedaan diperoleh melalui uji pembedaan (difference test). Uji pembedaan pada prinsipnya adalah pengindraan dua rangsangan berpasangan atau melibatkan du rangsangan sejenis yang diindrakan pada panelis. Panielis melakukan proses pengindraan, misalnya dengan pencicipan, melalui dua tahap yaitu mula-mula merespon sifat indrawi yang diujikan kemudian membandingkan kedua contoh untuk menyatakan sama atau beda. Secara umum uji pembedaan banyak digunakan untuk : penelitian yang melibatkan sifat indrawi, pengendalian mutu, pengembangan produk baru, substitusi bahan mentah, efisiensi proses, pengukuran tingkat kemanisan atau sifat indrawi lainnya dan pengukuran ambang pembedaan.
Uji pasangan (pair test, duo test) juga disebut uji perbandingan (comparison test) karena dalam pelaksanaan uji selalu ada 2 contoh acak yang disajikan untuk dibandingkan. Dalam membandingkan, tiap panelis diminta menyatakan responnya pada format uji yang tersedia. Pada praktikum ini, tepung kerabang telur dan tepung tulang ayam dibandingkan dengan tepung tapioka. Parameter yang di uji adalah :
- Warna
- Tekstur
Analisis Uji Pasangan dengan cara Tabel (tabel akan diserahkan saat praktikum).


Formulir Uji Mutu Hedonik

Nama :
Tanggal :
Petunjuk : berikan tanda √ pada kolom yang sesuai

WARNA X Y
SANGAT PUTIH
PUTIH
PUTIH COKLAT
COKLAT
SANGAT COKLAT

TEKSTUR X Y
SANGAT HALUS
HALUS
AGAK KASAR
KASAR
SANGAT KASAR

Formulir Uji Pasangan

Nama :
Tanggal :
Petunjuk : bandingkanlah produk2 dengan referen. Kemudian beri tanda √ pada produk yang mempunyai karakteristik sama dengan referen.

X Y
WARNA
TEKSTUR

Tidak ada komentar:

Posting Komentar